Minggu, 18 Desember 2016

Permasalahan Kurikulum

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk menciptakan kondisi belajar yang kondusif sehingga peserta didik mampu mengembangkan potensi dalam dirinya, sehingga menjadi pribadi yang berguna bagi keluarga, masyarakat, agama, bangsa dan negara. Hakekat pendidikan ialah untuk memanusiakan manusia, dalam artian pendidikan bermaksud membantu peserta didik untuk mengembangkan potensi-potensi kemanusiaannya. Definisi pendidikan menurut GBHN 1998 (BP 7 pusat, 105) memberikan batasan tentang pendidikan nasional sebagai berikut: pendidikan nasional yang berakar pada kebudayaan bangsa Indonesia dan berdasarkan Pancasila serta Undang-Undang Dasar 1945 diarahkan untuk meningkatkan kecerdasan serta harkat dan martabat bangsa, mewujudkan manusia serta masyarakat Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berkualitas, dan mandiri sehingga mampu membangun dirinya dan masyarakat sekelilingnya serta dapat memenuhi kebutuhan pembangunan nasional dan bertanggung jawab atas pembangunan bangsa. Definisi diatas tersebut menggambarkan terbentuknya manusia yang utuh  sebagai tujuan pendidikan. Namun jika pendidikan saat ini dengan kurikulum yang terbilang carut marut saat ini, apakah tujuan pendidikan tersebut akan tercapai? Saya rasa tidak.
Pendidikan saat ini bisa dikatakan sebagai percobaan kurikulum. Kenapa seperti itu? Karena realitas pendidikan saat ini dengan kebijakannya kurikulumnya yang carut marut saat ini adalah penyebabnya, setiap pergantian mentri pasti kebijakannya ikut berganti khususnya dalam kebijakan pendidikan seperti kurikulum sehingga penerapan  kurikulum saat ini terbilang carut marut, entah kenapa fenomena ini kerap kali terjadi di negri. Lantas bagaimana cara peserta didik untuk dapat menjadi manusia yang berkualitas, mandiri yang dapat berguna bagi dirinya dan masyarakat sekelilingnya, serta dapat memenuhi kebutuhan pembangunan nasional dan bertanggung jawab atas pembangunan bangsa, jika pendidikannya saja seperti ini.
Daftar Pustaka

Umar, Tirtarahardja dan S.L La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar