Minggu, 18 Desember 2016

Kemandirian Dalam Belajar

Kemandirian dalam belajar diartikan sebagai aktivitas belajar yang berlangsungnya lebih didorong oleh kemauan sendiri, pilihan sendiri, dan tanggung jawab sendiri dari pembelajar. Konsep kemandirian dalam belajar bertumpu pada prinsip bahwa individu yang belajar hanya akan sampai kepada perolehan hasil belajar, mulai keterampilan, pengembangan pealaran, pembentukan sikap, sampai kepada penemuan diri sendiri, apabila ia mengalami sendiri dalam proses perolehan hasil belajar tersebut.
Prinsip kemandirian dalam belajar tidak terlepas dari yang namanya motivasi. Motivasi adalah dorongan untuk melakukan suatu kegiatan, termasuk belajar. Motivasi tidak hanya ada dalam diri sendiri melainkan juga bisa datang dari luar, inilah yang disebut dengan motivasi intern dan motivasi ekstern. Dalam motivasi intern, dorongan yang berasal dari dalam diri sendiri ini bisanya adanya kemauan ataupun niat, tertarik dalam suatu mata pelajaran tertentu juga termasuk ke dalam motivasi intern. Karena ketika kita tertarik atau minat terhadap mata pelajaran tertentu, maka secara langsumg akan timbul dorongan untuk mempelajari sendiri mata pelajaran tersebut. Yang kedua, motivasi intern yaitu dorongan yang berasal dari luar, misal hukuman. Hukuman bisa jadi dorongan untuk bertindak jika disikapi dengan baik, contoh seorang guru yang memberi hukuman kepada siswanya jika siswa tersebut tidak bisa menjawab soal, dari situ akan timbul motivasi belajar secara mandiri dirumah dan dimanapu. Dan satu hal yang terpenting hukuman tidak selalu berhubungan dengan kekerasan fisik.
Daftar Pustaka

Umar, Tirtarahardja dan S.L La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar