Kemandirian
dalam belajar diartikan sebagai aktivitas belajar yang berlangsungnya lebih
didorong oleh kemauan sendiri, pilihan sendiri, dan tanggung jawab sendiri dari
pembelajar. Konsep kemandirian dalam belajar bertumpu pada prinsip bahwa
individu yang belajar hanya akan sampai kepada perolehan hasil belajar, mulai
keterampilan, pengembangan pealaran, pembentukan sikap, sampai kepada penemuan
diri sendiri, apabila ia mengalami sendiri dalam proses perolehan hasil belajar
tersebut.
Prinsip
kemandirian dalam belajar tidak terlepas dari yang namanya motivasi. Motivasi
adalah dorongan untuk melakukan suatu kegiatan, termasuk belajar. Motivasi
tidak hanya ada dalam diri sendiri melainkan juga bisa datang dari luar, inilah
yang disebut dengan motivasi intern dan motivasi ekstern. Dalam motivasi
intern, dorongan yang berasal dari dalam diri sendiri ini bisanya adanya
kemauan ataupun niat, tertarik dalam suatu mata pelajaran tertentu juga
termasuk ke dalam motivasi intern. Karena ketika kita tertarik atau minat
terhadap mata pelajaran tertentu, maka secara langsumg akan timbul dorongan
untuk mempelajari sendiri mata pelajaran tersebut. Yang kedua, motivasi intern
yaitu dorongan yang berasal dari luar, misal hukuman. Hukuman bisa jadi
dorongan untuk bertindak jika disikapi dengan baik, contoh seorang guru yang
memberi hukuman kepada siswanya jika siswa tersebut tidak bisa menjawab soal,
dari situ akan timbul motivasi belajar secara mandiri dirumah dan dimanapu. Dan
satu hal yang terpenting hukuman tidak selalu berhubungan dengan kekerasan
fisik.
Daftar
Pustaka
Umar,
Tirtarahardja dan S.L La Sulo. 2005. Pengantar
Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar