Filsafat
Pendidikan di Indonesia
Bangsa
Indonesia baru memiliki filsafat umum atau filsafat negara ialah Pancasila.
Sebagai filsafat negara, Pancasila patut menjadi jiwa bangsa Indonesia, menjadi semangat dalam berkarya
dalam segala bidang, dan mewarnai segala segi kehidupan dari hari ke hari.
Secara konsep memang seharusnya demikian. Tapi dalam praktik cukup sulit hal
itu dilaksanalan.
Belum
ada upaya mengoprasionalkan Pancasila agar mudah diterapkan dalam
kegiatan-kegiatan di masyarakat, termasuk penerapannya dalam dunia pendidikan.
Kalau pun ada studi menyangkut moral pancasila, sebagian besar diterapkan
seperti melaksanakan bidang-bidang studi lain. Pendidik mengajarkannya, peserta
didik menyerap pengetahuan itu, dan kalau sudah tiba saatnya peserta didik
berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan pendidik dalam ujian-ujian. Namun,
sekarang sudah mulai ada perbaikan terhadap pengembangan afeksi itu, tidak lagi
hanya menilai penguasaan matei, melainkan megutamakan perilaku sehari-hari.
Sementara
itu dunia pendidikan di Indonesia belum punya konsep atau teori-teori sendiri
yang cocok dengan kondisi, kebiasaan atau kebudayaan Indonesia tentang
penegrtian pendidikan dan cara-cara mencapai tujuan pendidikan. Sebagian besar
konsep atau teori pendidikan diimpor dari luar negri sehingga belum tentu valid
untuk diterapkan di Indonesia.
Daftar
Pustaka
Made,
Pidarta. 2014. Landasan Pendidikan. Jakarta:
Rineka Cipta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar