Jumat, 23 Desember 2016

Manusia Menurut Ilmu Psikologi

Manusia Menurut Ilmu Psikologi
Menurut Morris L. Bigge dan Maurice P. Hunt, sebagaimana dikutip oleh Nana Syaodih Sukmadinata, bahwa pandangan manusia menurut ilmu sosial dapat dibagi ke dalam tiga teori yaitu teori disiplin mental, behaviorisme, kognitif Gesalt Field dan konvergensi. Ketiga aliran tersebut dapat dikemukakan sebagai berikut.
Pertama, menurut teori displin mental, bahwa dari sejak kelahirannya atau secara herediter, seorang anak telah memiliki potensi-potensi tertentu. Belajar merupakan upaya untuk mengembangkan potensi-potensi tersebut.
Kedua, menurut teori behaviorisme, bahwa manusia tidak memiliki/membawa potensi apa-apa dari sejak kelahirannya. Perkembangan manusia ditemtukan oleh faktor-faktor yang berasal dari lingkungan, baik lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, manusia, alam, budaya, serta reiligi yang membentuknya.
Ketiga, menurut teori Cognitive Gesalt Field, menurut teori ini bawa belajar adalah proses pengembangan insight atau pemahaman baru atau mengubah pemahan lama. Dalam teori ini terdapat asumsi bahwa pemahaman terjadi apabila individu menemukan cara baru dalam menggunakan unsur-unsur yang ada dalam lingkungan, termasuk struktur tubuhnya sendiri.
Daftar Pustaka

Nata, H. Abudin.2012. Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar