Sabtu, 24 Desember 2016

Corak Pemikiran Pendidikan John Dewey

Corak Pemikiran Pendidikan John Dewey
Menurut Nana Syaodih Sukmadinata, bahwa corak pemikiran pendidikan John Dewey adalah bersifat progresif, atau berdasarkan pada filsafat progesivisme. Ciri utama filsafat Dewey adalah konsepsinya tentang dunia yang selalu berubah, mengalir atau on going-ness. Prinsip ini membawa konsekuensi yang cukup jauh, yaitu bahwa bagi John Dewey tidak ada yang menetap dan abadi. Semuanya berubah. Selain itu, corak filsafat John Dewey adalah anti dualistik. Selanjutnya John Dewey juga mengahargai pengalaman, sebagai dasar pengetahuan dan kebijakan. Dalam hubungan ini, ia mengatakan: Experience is the basis for knowledge and wisdom. Artinya pengalaman adalah satu satunya dasar bagi pengetahuan dan kebijakan. Artinya pengalam adalah pengalaman adalah melakukan sesuatu, baik yang berbentuk aktif maupun pasif. Dengan kata lain, bahwa corak pemikiran John Dewey sejalan dengan corak pemikiran Aristoteles yang bersifat realistik empiris, yakni pengalaman yang bersifat real dan empiris itulah yang membentuk pengetahuan dan keterampilan manusia. Hal ini berada dengan pandangan Plato yang bersifat idealistik yakni yang menyatakan, bahwa yang menentukan dan membentu pengetahuan adalah  susuatu yang ada di dalam idea. Segala sesuatu yang berada di alam empirik seperti bangunan gedung, peralatan transportasi, perlatan rumah tangga, hingga perlatan teknologi canggih lainnya adalah merupakan gambaran atau foto kopi sesuatu yang ada didalam idea. Sementara John Dewey menekankan, bahwa pengetahuan atau mengetahui segala sesuatu itu dibentuk berdasarkan pengalaman. Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa mengetahui tanpa mengalami adalah  omong kosong.
Daftar Pustaka

Nata, H. Abudin.2012. Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar