Jumat, 23 Desember 2016

Ekonomi Pendidikan

Ekonomi Pendidikan
Dunia pendidikan adalah lembaga yang berkewajiban mengembangkan individu manusia. Ke arah mana tujuan hidup seseorang dan hidup yang bagaimana diinginkannya banyak dipengaruhi oleh pendidikan yang dia terima di sekolah dan perguruan tinggi. Melihat kenyataan tersebut diatas, sudah tentu pendidikan tidak akan membawa pesertda didik ke arah hidup yang membingungkan, menyusahkan dan sengsara, walaupun bisa mencari uang banyak. Ini berarti dunia pendidikan bukan dunia bisnis temopat berlatih mencari uang, melainkan dunia pembinaan tempat peserta didik belajar agar bisa hidup wajar dan damai.
Sebagai tempat pembinaan pendidikan tidak memandang ekonomi sebagai pemeran utama seperti hal didunia bisnis. Eknomi hanya sebagai pemegang peran yang menentukan. Sebab tanpa ekonomi yang memadai dunia pendidikan tidak akan berjalan dengan lancar. Misal, sekolah yang tidak mampu membeli buku baru sehingga pengetahuan yang diberikan kepada anak-anak ketinggalan zaman. Tidak adanya bangku, meja, dan kursi. Sekolah yang tidak mempunyai alat peraga akan membuat pemahan anak menjadi dangkal. Demikian besar dampak negatif pendidikan yang ekonominya terbatas.
Namun situasi ekonomi tersebut diatas, tidak mesti megakibatkan suatu sekolah menjadi mati. Ada hal lain yang lebih mentukan hidup matinya dan maju mundurnya suatu lembaga pendidikan dibandingkan dengan ekonomi, yaitu dedikasi, keahlian, dan keterampilan pengelola dan guru-gurunya.
Daftar Pustaka

Made, Pidarta. 2014. Landasan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar