Minggu, 18 Desember 2016

Kata Hati (Conscience of Man)

Kata Hati (Conscience of Man)
Kata hati atau conscience of man juga sering disebut dengan istilah hati nurani, lubuk hati, suara hati, pelita hati, dan sebagainya. Dengan sebutan “pelita hati” atau “hati nurani” menunjukan bahwa kata hati itu adalah kemampuan pada diri manusia yang memberi penerangan tentang baik  buruknya perbuatannya sebagai manusia.
Orang yang tidk memiliki pertimbangan dan kemamouan untuk mengambil keputusan tentang yang baik/benar dan yang buruk/salah ataupun kemampuan dalam mengambil keputusan tersebut hanya dari sudut pandang tertentu (misalnya sudut kepentingan diri), dikatakan bahwa kata hatinya tidak cukup tajam. Jadi, kriteria baik/benar dan buruk/salah harus dikaitkan dengan baik/benar atau buruk/salah bagi manusia sebagai manusia.
Orang yang memiliki kecerdasan akal budi sehingga mampu menganalisis dan mampu membedakan yang baik/benar yang buruk/salah bagi manusia sebagai manusia disebut tajam kata hatinya.
Dapat disimpulkan bahwa kata hati itu adalah kemampuan membuat keputusan yang baik/benar yang buruk/salah bagi manusia sebagai manusia. Dalam kaitannya denagn moral (perbuatan), kata hati merupakan petunjuk bagi “moral/perbuatan”.
Daftar Pustaka

Umar, Tirtarahardja dan S.L La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar