Jumat, 23 Desember 2016

Fungsi dan Tujuan Pendidikan

Fungsi dan Tujuan Pendidikan
Fungsi Pendidikan
Pendidikan sebagai sebuah aktivitas tidak lepas dari fungsi dan tujuan. Fungsi utama pendidikan mengembangkan kemampuan membentuk watak, kepribadian serta peradaban yang bermartabat dalam hidup dan kehidupan atau dengan kata lain pendidikan berfungsi memanusiakan manusia agar menjadi manusia yang benar sesuai dengan norma yang dijadikan landasannya.
Tujuan Pendidikan setiap kegiatan, apapun bentu dan jenisnya, sadar atau tidak sadar, selalu dihadapkan pada tujuan yang ingin dicapai. Bagaimanapun, segala usaha yang tidak mempunyai tujuan tidak akan mempunyai apa-apa. Dengan demikian, tujuan merupakan faktor yang sangat penting dalam setiap kegiatan, termasuk kegiatan pendidikan. Cita-cita tau tujuan yang ingin dicapai harusnya dinyatakan secara jelas sehingga semua pelaksana dan sasaran pendidikan memahami atau mengathui suatu proses kegiatan seperti pendidikan, bila tidak mempunyai tujuan yang jelas untuk dicapai, maka prosesnya akan mejadi kabur.
Tujuan umum
Tujuan umum adalah tujuan yang akan dicapai di akhir proses pendidikan yaitu, tercapainya kedewasaan jasmani dan rohani anak didik. Maksud kedewasaan jasmani adalah jika pertumbuhan jasmani sudah mencapai batas pertumbuhan maksimal, maka pertumbuhan jasmani tidak akan berlangsung lagi. Kedewasaan rohani adalah peserta didik sudah mampu menilog dirinya sendiri, mampu bediri sendiri, dan mampu bertanggung jawab atas semua perbuatannya.
Tujuan khusus
Tujuan khusus adalah tujuan tertentu yang hendak dicapai berdasar usia, jenis kelamin, sifat, bakat, intelegensi, lingkungan sosial budaya, tahap-tahap perkembangan, tuntutan syarat pekerjaan, dam sebagainya.
Daftar Pustaka

Kadir, Abdul. 2012. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar