Fungsi
Lingkungan Pendidikan
Fungsi
pertama lingkungan pendidikan adalah membantu peserta didik dalam berinteraksi
dengan berbagai lingkungan sekitarnya baik lingkungan fisik, sosial, dan
budaya, terutama bagi sumber daya pendidikan yang tersedia agar dapat dicapai
tujuan pendidikan secara optimal. Penataan lingkungan pendidikan terutama
dimaksudkan agar proses pendidikan dapat berkembang efisien dan efektif.
Perkembangan
manusia dari interaksinya dengan lingkungan sekitar akan berjalan secara
alamiah, tetapi perkembangan tersebut tidak sepenuhnya sesuai dengan tujuan
pendidikan atau bahkan menyimpang darinya. Oleh karena itu, diperlukan usaha
sadar untuk mengatur dan mengendalika lingkungan sedemikian rupa agar mempunyai
orientasi pada tujuan-tujuan pendidikan.
Fungsi
kedua lingkungan pendidikan adalah mengajarkan tingkah laku umum dan utnuk
menyeleksi serta mempersiapkan peranan-peranan tertentu dalam masyarakat. Hal
ini karena masyarakat akan berfungsi dengan baik jika setiap individu belajar
berbagai hal, baik pola tingkah laku umum maupun peranan yang berbeda-beda.
Dalam
menjalankan kedua fungsinya, lingkungan pendidikan haruslah digambarkan sebagai
kesatuan yang utuh di antara berabagai ragam bentuknya. Untuk mencapai
tujuan-tujuan pendidikan secara menyeluruh masing-masing lingkungan mempunyai
andil dalam mencapainya. (Tirtarahardja, 2004).
Daftar
Pustaka
Kadir,
Abdul. 2012. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar