Jumat, 23 Desember 2016

Hubungan Filsafat Tentang Alam dan Pendidikan

Hubungan Filsafat Tentang Alam dan Pendidikan
Pertama, seacara umum menjadi dasar bagi penyususnan konsep pendidikan yang berbasis alam semesta, yakni pendidikan yang dalam smua aspeknya: visi, misi, tujuan, kurikulum, proses belajar, prose belajar mengajar, lingkugan, dan lainnya memerhatikan kondisi alam lingkungan di mana pendidikan tersebut diadakan.
Kedua, visi pendidikan yang berbasis pandangan tentang alam, adalah menjadikan pendidkan sebagai sarana yang unggul, terdepan dan strategis dalam memberikan kemampuan pada masyarakat dalam memberdayakan segenap potensi alam secara cerdas, cermat, bijaksana dan amanah.
Ketiga, misi pendidikan yang berbasis alam adalah
1.      Memperkenalkan alam semesta.
2.      Memberikan kemampuan dan keterampian mengola alam secara bijaksana.
3.      Memberikan kemampuan dan keterampilan dalam memelihara dan melestarikan alam.
4.      Memberikan pemahan yang mendalam berdasarkan petinjuk Al-Qur’an dan al-Sunah yang menunjukan bahwa alam sebagai ciptaan Allah Swt.
Keempat, tujuan pendidikan yang berbasis alam adalah melahirkan peserta didik yang memiliki wawasan, keterampilan dan tanggung jawab dalam mengelola alam semesta, serta menggunakannya untuk kemaslahatan bersama.
Kelima, kurikulum yang berbasis alam adalah kurikulum yang dalam seluruh komponen yang terdapat dalam strukturnya, tujuan, mata pelajaran, proses belajar mengajar, bahan ajar, dan evaluasinya dirancang berdasarkan pemahaman yang komperhensif, integrated, mendalam, dan holistik tentang alam semesta.

Daftar Pustaka

Nata, H. Abudin.2012. Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar