Hubungan
Filsafat Tentang Alam dan Pendidikan
Pertama, seacara
umum menjadi dasar bagi penyususnan konsep pendidikan yang berbasis alam
semesta, yakni pendidikan yang dalam smua aspeknya: visi, misi, tujuan,
kurikulum, proses belajar, prose belajar mengajar, lingkugan, dan lainnya
memerhatikan kondisi alam lingkungan di mana pendidikan tersebut diadakan.
Kedua, visi
pendidikan yang berbasis pandangan tentang alam, adalah menjadikan pendidkan
sebagai sarana yang unggul, terdepan dan strategis dalam memberikan kemampuan
pada masyarakat dalam memberdayakan segenap potensi alam secara cerdas, cermat,
bijaksana dan amanah.
Ketiga,
misi pendidikan yang berbasis alam adalah
1. Memperkenalkan
alam semesta.
2. Memberikan
kemampuan dan keterampian mengola alam secara bijaksana.
3. Memberikan
kemampuan dan keterampilan dalam memelihara dan melestarikan alam.
4. Memberikan
pemahan yang mendalam berdasarkan petinjuk Al-Qur’an dan al-Sunah yang
menunjukan bahwa alam sebagai ciptaan Allah Swt.
Keempat,
tujuan pendidikan yang berbasis alam adalah melahirkan peserta didik yang
memiliki wawasan, keterampilan dan tanggung jawab dalam mengelola alam semesta,
serta menggunakannya untuk kemaslahatan bersama.
Kelima,
kurikulum yang berbasis alam adalah kurikulum yang dalam seluruh komponen yang
terdapat dalam strukturnya, tujuan, mata pelajaran, proses belajar mengajar,
bahan ajar, dan evaluasinya dirancang berdasarkan pemahaman yang komperhensif,
integrated, mendalam, dan holistik tentang alam semesta.
Daftar
Pustaka
Nata,
H. Abudin.2012. Pemikiran Pendidikan
Islam dan Barat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar