Jumat, 23 Desember 2016

Hubungan Filsafat Ilmu dengan Pendidikan

Hubungan Filsafat Ilmu dengan Pendidikan
Pertama, pendidian berfungsi sebagai sarana atau media untuk menyampaikan ilmu pengetahuan kepa masyarakat, sehingga masyarakat yang memasuki lembaga pendidikan sering menyebut dirinya sebagai orang yang menuntut ilmu. Sesungguhnya dari dunia pendidikan seseorang bukan hanya mendapatkan ilmu, melainkan juga mendapatkan keterampilan, pengalaman, dan pembinaan kepribadian.
Kedua, ilmu berfungsi sebagai referensi atau rujukan dalam menyusun, mengkonstruksi dan mengembangkan berbagai konsep pendidikan, sehingga konsep dan pelaksanaan pendidikan tidak lagi semata-mata berdasarkan semangat pengabdian yang iklhlas, kebiasaan atau kebetulan, sebagaimana umunya yang banyak dijumpai pada lemabaga-lembaga pendidkan di masyarakat sebelum era modern, melainkan pendidikan dirancang dan dilaksanaka berdasarkan ilmu.
Ketiga, bahwa ilmu erat hubungannya dengan isi dari struktur kurikulum, karena di dalam struktur kurikulum adalah berupa ilmu-ilmu seperti ilmu tentang membaca, menulis, berhitung, sejarah, olahraga, fisika, kimia, biologi, dan lain sebagainya.
Keempat, bahwa ilmu yang didasarkan pada pandangan agam Islam sangat dibutuhkan guna membawa manusia untuk menjadi orang yang menyadari dan mensyukuri anugrah Allah Swt, karena semua ilmu yang dihasilkan oleh manusia tersebut pada hakikatnya berasal dari Allah Swt.

Daftar Pustaka
Nata, H. Abudin.2012. Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar