Jumat, 23 Desember 2016

Hubungan Keimanan kepada Tuhan dengan Pendidikan

Hubungan Keimanan kepada Tuhan dengan Pendidikan
Hubungan Keimanan kepada Tuhan dengan Pendidikan dapat dikemukakan dengan analisis sebagai berikut:
Pertama, berkaitan dengan visi, misi dan tujuan pendidikan. Iman kepada tuhan akan memengaruhi visi pendidikan, yaitu menjadikan  pendidikan sebagai sarana yang unggul dan kredibel  dalam membentuk manusia yang dapat melaksanakan fungsinya sebgai khalifah Tuhan dimuka bumi. sedangkan misinya antara lain membentuk manusia agar beribadah kepada Allah. Sedangkan tujuannya adalah membentuk manusia beriman, bertaqwa, berbudi pekerti luhur, menjadi hamba Allah SWT, menjadi orang yang seimbang dalam hubungannya dengan Tuhan dan sesama manusia, manusia yang sehat jasmani dan rohani.
Kedua, berkaitan dengan ideologi pendidikan, yaitu cita-cita dan tujuan tertinggi pendidikan Islam selanjutnya menjiwai seluruh komponen pendidikan. Iman kepada Tuhan akan menjadi landasan ideologi pendidikan yang humanisme teori centris, yakni pendidikan yang bukan semata-mata didasarkan pada nilai-nilai yang berasal dari akal pikiran manusia, melainkan juga nilai-nilai yang didasarkan pada kehendak Allah swt.
Ketiga, berkaitan dengan sifat dan karakter pendidikan dan peserta didik. Iaman kepada Tuhan mengharuskan para pendidik dan peserta didik memiliki sifat-sifat sebagaimana sifat yang dimiliki Tuhan. Seperti (Asma al-Husna).
Keempat, berkaitan dengan sumber-sumber pendidikan. Iman kepada Allah swt, mengajarkan bahwa alam jagat raya dengan segala isinya berupa bumi langit, gunung, tanah, air, api, tumbuh-tumbuhan, binatang, dan benda-benda lainnya. Seperti emas, perak, temabaga, platina, gas, minyal, dan sebagainya.
Daftar Pustaka

Nata, H. Abudin.2012. Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar