Jumat, 23 Desember 2016

Metode Proses Belajar Mengajar

Metode Proses Belajar Mengajar
Proses belajar menagajar pada dasarnya adalah kegiatan interaksi dan komunikasi anatar guru dan murid dalam ramgka menyampaikan ilmu pengetahuan, wawasan dan sebagainya. Proses belajar mengajar yang baik adalah proses belajar mengajar yang menyenangkan, menggairahkan, mencerahkanm dan efektif. Untuk itu diperlukan pemahaman terhadap karakter jiwa anak didik. Pemahaman terhadap konsep jiwa manusia dangat membantu dalam merumuskan konsep metode proses belajar mengajar. Didalam psikologi misalnya dijumpai aliran Nativisme yang menekan kan pada segi-segi pembawaan yang dibawa sejak lahir, aliran empirisme yang menakankan pengaruh lingkungan dan aliran yang menkankan perpaduan antara pengaruh lingkungan dalam diri anak dan dari lingkungan sekitar. Dari berbagai teori tersebut maka kan lahir metode dan pendekatan dalam kegiatan belajajar mengajar.
·         Dari teori nativisme akan lahir pendekatan belajar yang berpusat pada guru (theacher centris), dengan menggunakan metode ceramah, teladan, bimbingan, dan nasihat.
·         Dari teori empirisme, akan lahir pendekatan yang berpusat pada murid (student centris), dengan metodenya seperti pemecahan masalah, penemuan, penugasan, dan sebagainya.
·         Selanjutnya dalam teori konvergensi akan lahir pendekatan yang menekankan keseimbangan antara guru dan murid dengan metodenya seperti tanya jawab, diskusi, seminar, dan sebagainya.
Dengan demikian penentuan metode dalam kegiatan proses belajar mengajar ini amat dipengaruhi oleh konsep tentang jiwa manusia.
Daftar Pustaka

Nata, H. Abudin.2012. Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar