Langkah-langkah
dan Prinsip Kerja Pengawas
Dalam
menyusun program kerja pengawas sehingga dapat membantu sekolah mengembangkan
program inovasi sekolah, ada tiga langkah yang harus ditempuh pengawas, yaitu:
a. Menetapkan
standar/kriteria pengukuran performansi sekolah (berdasarkan evaluasi diri dari
sekolah).
b. Membandingkan
hasil tampilan performansi itu dengan ukuran dan kriteria/benchmark yang telah direncanakan, guna menyusun program
pengembangan sekolah.
c. Melakukan
tindakan pengawasan berupa pembinaan/pendampingan untuk memperbaiki implentasi
program pengembangan sekolah.
Dalam
melaksanakan kepengawasan, ada sejumlah prinsip yang harus dapat dilaksanakan
pengawas agar kegiatan kepengawasan berjalan dengan efektif. Prinsip-prinsip
tersebut antara lain:
a. Trust, artinya
kegiatan pengawasan dilaksanakan dalam pola hubungan kepercayaan antara pihak
sekolah dan pihak pengawas sekolah sehingga hasil pengawasannya dapat
dipercaya.
b. Realistic, artinya
kegiatan pengawsan dan pembinaannya dilaksanakan berdasarkan data eksiting
sekolah.
c. Utility, proses
dan hasil pengawasan harus bermuara pada manfaat bagi sekolah untuk
mengembangkan mutu fan kinerja sekolah binaannya.
d. Supporting, networking, dan
collaborating, artinya seluruh aktivitas pengawas pada
hakikatnya merupakan dukungan terhadap upaya sekolah menggalang jejajring kerja
sama secara kolaboratif dengan seluruh stakeholder.
e. Testable, artinya
hasil pegawasan harus mampu menggambarkan kondisi kebenaran objektif dan
siapdiuji ulang atau dikonfirmasi pihak mana pun.
Daftar
Pustaka
Basri,
H. Hasan dan H. A. Rusdiana. 2015. Manajemen
Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar