Jumat, 23 Desember 2016

Langkah-langkah dan Prinsip Kerja Pengawas

Langkah-langkah dan Prinsip Kerja Pengawas
Dalam menyusun program kerja pengawas sehingga dapat membantu sekolah mengembangkan program inovasi sekolah, ada tiga langkah yang harus ditempuh pengawas, yaitu:
a.       Menetapkan standar/kriteria pengukuran performansi sekolah (berdasarkan evaluasi diri dari sekolah).
b.      Membandingkan hasil tampilan performansi itu dengan ukuran dan kriteria/benchmark yang telah direncanakan, guna menyusun program pengembangan sekolah.
c.       Melakukan tindakan pengawasan berupa pembinaan/pendampingan untuk memperbaiki implentasi program pengembangan sekolah.
Dalam melaksanakan kepengawasan, ada sejumlah prinsip yang harus dapat dilaksanakan pengawas agar kegiatan kepengawasan berjalan dengan efektif. Prinsip-prinsip tersebut antara lain:
a.       Trust, artinya kegiatan pengawasan dilaksanakan dalam pola hubungan kepercayaan antara pihak sekolah dan pihak pengawas sekolah sehingga hasil pengawasannya dapat dipercaya.
b.      Realistic, artinya kegiatan pengawsan dan pembinaannya dilaksanakan berdasarkan data eksiting sekolah.
c.       Utility, proses dan hasil pengawasan harus bermuara pada manfaat bagi sekolah untuk mengembangkan mutu fan kinerja sekolah binaannya.
d.      Supporting, networking, dan collaborating, artinya seluruh aktivitas pengawas pada hakikatnya merupakan dukungan terhadap upaya sekolah menggalang jejajring kerja sama secara kolaboratif dengan seluruh stakeholder.
e.       Testable, artinya hasil pegawasan harus mampu menggambarkan kondisi kebenaran objektif dan siapdiuji ulang atau dikonfirmasi pihak mana pun.

Daftar Pustaka

Basri, H. Hasan dan H. A. Rusdiana. 2015. Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar