Sabtu, 24 Desember 2016

Pemikiran Pendidikan Muhammad Abduh

Pemikiran Pendidikan Muhammad Abduh
Pemikirannya dalam bidang pendidikan lebih banyak difokuskan pada masalah menghilangkan dikotomi pendidikan, mengembangkan kelembagaan pendidikan, pengembangan kurikulum, dan metode pengajaran.
1.      Menghilangkan Dikotomi Penidikan
Menurut Muhammad Abduh, bahwa diantara faktor yang membawa kemunduran dunia Islam adalah karena adanya pandangan dikotomis yang dianut oleh umat Islam, yakni dikotomi atau mempertentangkan antara ilmu agama dan ilmu umum. Berbagai lembaga pendidikan Islam di dunia pada umunya hanya mementingkan agama, dan kurang mementingkan ilmu umum.
2.      Pengembangan Kelembagaan Pendidikan
Dalam uapaya mengembangkan kelembagaan pendidikan, Muhammad Abduh mebdirikan sekolah menengah pemerintah untuk menghasilkan tenaga ahli dalam berbagai bidang yang dibutuhkan, yaitu bidang administrasi, militer, kesehatan, perindustrian, dan sebagainya. Melalui berbagai lemabaga pendidikan ini, Muhammad Abduh berupaya memasukkan pelajaran agama, sejarah, dan kebudayaan Islam.
3.      Pengembangan Metode Pengajaran
Menurut Muhammad Abduh bahwa metode pengajaran yang selama ini hanya mengandalkan hafalan perlu dilengkapi dengan metode yang rasional dan pemahaman (insight). Dengan demikian, di samping para siswa menghafal suatu bahan pelajaran, juga dapat memahaminya dengan kritis, objektif, dan komperehensif.
Daftar Pustaka
Nata, H. Abudin.2012. Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar