Pemikiran
Pendidikan Arthur Schopenhauer (Nativisme)
Schopenhauer
berpendapat, bahwa kemungkinan seorang anak mempunyai potensi hereditasnya
rendah, maka akan tetap rendah meskipun ia sudah dewasa atau telah terdidik.
Yang jahat akan menjadi tetap jahat, dan yang baik akan menjaid baik.
Pendidikan tidak akan mengubah manusia, karena potensi itu bersifat kodrati.
Pendidikan yang tidak sesuai dengan bakat dan potensi anak didik, adalah
pendidikan yang tidak berguna bagi perkembangan anak itu sendiri.
Pandangan
Schopenhauer tersebut diatas sejalan dengan teori disiplin mental yang di
dalamnya termasuk mental teistik,
disiplin mental humanistik, naturalisme, dan apersepsi.
Teori
disiplin mental teistik berasal dari psikologi daya. Menurut teori ini,
imdividu atau anak mempunyai sejumlah daya mental seperti daya mengamati,
menanggapi, mengingat, berpikir, memecahkan masalah, dan sebagainya. Belajar
merupakan proses melatih daya-daya tersebut.
Selanjutnya,
sisiplin mental humanistik bersumber pada psikologi humanisme klasik dari Plato
dan Aristoteles. Teori ini hampir sama dengan teori pertama, bahwa anak
memiliki potensi-potensi yang perlu dilatih agar berkembang. Perbedaannya
dengan teori disiplin mental teistik, adalah bahwa teori tersebut menekankan
baian-bagian, latihan-latihan atau aspek tertentu. Teori disiplin mental
humanistik lebih menekankan keseluruhan, dan keutuhan.
Adapun
teori naturalisme atau natural unfoldment atau self actualiziation adalah teori
yang berpangkal dari psikolog naturalisme roamntik dengan tokoh utamanya Jean
Jacques Rousseau. Sama dengan kedua teori sebelumnya, bahwa anak mempunyai
sejumlah potensi atau kemampuan untuk berbuat atau melakukan berbagai tugas,
tetapi juga memiliki kemampuan untuk belajar dan berkembang senidiri.
Teori
yang keempat yang termasuk rumpun disiplin mental, adalah apersepsi, yang
terkadang disebut Hebartisme yang ebrsumber pada psikologi strukturalisme
dengan tokoh utamanya Herbart. Menurut aliran ini, bahwa belajar adalah
membentuk masa apersepsi. Amak memiliki kemampuan untuk mempelajari sesuatu.
Daftar
Pustaka
Nata,
H. Abudin.2012. Pemikiran Pendidikan
Islam dan Barat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar